waktu(clocklink.com)

05 December 2012

MLM (Multi Level Marketing)


Kali ini aku mau sharing nih soal MLM.Beberapa hari yang lalu aku diajak(bahasa MLM nya: diundang) temenku.Awalnya sih aku nggak ngerti kalo dia mau ngajak ke pertemuan MLM.Awalnya dia cuman sms “vit,ada kuliah nggak?yuk ikut sharing mahasiswa2 di jogja yuk”.waktu itu aku emang gak bisa soalnya ada kuliah pengganti.Trus beberapa hari selanjutnya dia sms lagi “vit,besok aku mau presentasi nih,kamu mau ya jadi audience nya?”,aku dulu mikir,mungkin dia mau latihan presentasi biar hari H presentasinya bagus.lagipula aku nggak enak kalo harus nolak permintaannya lagi.yaudah aku bales ”Oke..”.Trus tibalah waktunya …jeng..jeng!!
Aku nyamperin dia di fakultasnya,trus dia bilang “aku nggak jadi presentasi vit,..aku gak enak badan”.Trus aku tanyain,”lhah trus ini jadi nggak?”.dia jawab”jadi kok”.Langsung aja capcus ke tempatnya,diperjalanan aku Tanya,”ntar acaranya ngapain sih,aku belum ngerti”.dia bilang”yaa,kayak seminar-seminar gitu”.
Akhirnya nyampe ke tempat tujuan,di depan ada HTM nya 5rb..aku udah ngrasa aneh.Seminar apa nih kok cuman bayar 5rb.Trus aku sama temenku masuk ruangan.Mulailah Presentasinya.Pada awal mbak yang bawain acara masuk.Ruangan langsung riuh,,pada tepuk tangan dengan meriah.Mulailah mbaknya buka dengan pertanyaan “bagaimana kabar anda?” semuanya(kecuali aku) jawab “baik!!!”dengan penuh semangat.Mbaknya melanjutkan “baik orangnya apa dompetnya?”lagi,semua jawab dengan serempak “dompetnya”.Aku merasakan lagi kejanggalan.kenapa jawabnya sama semua kayak udah dikontrol,diberi pelatihan gitu.Presentasinya terlihat menarik memang,semua pada tepuk tangan,tapi aku tidak sama sekali.Karena aku belum mengerti apa tujuan presentasi itu.Ditengah2 presentasi,mulailah dijelaskan mengenai kesuksesan yang mereka identikkan dengan materi.
Mereka mulai menawarkan produk china TI*NS,komunitas On* Vision yang akan mengajari tentang bisnis MLM,dan cara bergabung dengan komunitas itu.Tapi hal itu tidak lepas dari beberapa syarat seperti harus menanamkan modal minimal 2,3 juta,membeli 1 produk china tersebut dan harus mengonsumsinya.Nah,aku mulai tidak nyaman.Terasa seperti ditekan.

Setelah presentasi selesai,aku diajak makan dikantin bawah,aku mulai ngeles kalo udah punya nasi dikost.Tapi dia agak sedikit maksa dengan cara yang halus..”Bentar aja kok”.Nah,pas dikantin,aku disamperin sama mas2 yang kayaknya dibagian pemasaran.sebelumnya dia jabt tangan sama aku,gak ngerti deh dia nyoba ngehipnotis apa gak,jadi aku mencegah dengan maen HP,pas dia nanyain tadi presentasinya gimana tertarik sama yang mana,,aku Cuma jawab ngasal,tetep sama maenan HP,pokoknya jangan sampe terfokus sama dia ato MLM nya lah..suruh ngisiin no HP temen,aku isi ngasal tapi tetep digitnya harus dilogika biar gak ketahuan kalo ngasal.

Abis itu,kalo ada pertemuan2 lagi,aku nggak ikut,karena aku udah memutuskan nggak akan terlibat lagi di MLM soalnya aku pikir2 bisnisnya kelihatan gampang tapi sebenarnya rumit dan rawan penipuan.


No comments: